Magang BUMN Sumber Ilmu dan Pengalaman Kerja

Magang BUMN Sumber Ilmu dan Pengalaman Kerja

ASSALAMU’ALAIKUM WR WB..

Hai Sahabat Alma Ata, perkenalkan nama saya Mai Marhamah. Saya mahasiswa dari Program Studi Ekonomi Syariah Universitas Alma Ata Yogyakarta angkatan 2016. Saya berasal dari Plampang 1, Kalirejo, Kokap, Kulonprogo, Yogyakarta.
Sahabat, pada artikel ini saya akan menceritakan pengalaman saya selama mengikuti Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) di PT Pos Indonesia (Persero). Yuk simak ceritanyaa..

Tapi sebelum saya bercerita tentang pengalaman saya, sahabat harus tahu nih apa sih PMMB atau Program Magang Mahasiswa Bersertifkat itu? Yaa PMMB adalah suatu program yang diselenggarakan oleh Kementerian BUMN dan FHCI (Forum Human Capital Indonesia) yang melibatkan perguruan tinggi negeri maupaun swasta. Program ini diselenggarakan dengan tujuan untuk menjawab tantangan BUMN dalam menyiapkan Sumber Daya Manusia yang unggul, berkompeten dan berdaya saing global. Waah menarik sekali yaa! Program ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa untuk menambah wawasan dan pengalaman sebelum terjun ke dunia kerja yang sesungguhnya.

Nah Alhamdulillah, saya berkesempatan untuk mengikuti program ini. Setelah melakukan pendaftaran di berbagai instansi BUMN, saya diterima di PT Pos Indonesia (Persero) dan saya ditempatkan di Kantor Pos Besar Solo 57100 bersama rekan saya, Nurhikmah. Kantor Pos Solo merupakan kantor pos tipe C dengan jenis sebagai Kantor Pos Pemeriksa (KPRK) yang beralamat di Jl. Jend. Sudirman No 8, Kampung Baru, Pasar Kliwon, Surakarta. Saya melaksanakan magang ini selama kurang lebih lima bulan lho sahabat, jadi dalam jangka waktu lima bulan itu kita akan bekerja seperti karyawan yang sesungguhnya.
Banyak sekali ilmu, pengalaman, dan wawasan yang saya dapatkan selama mengikuti program magang ini. Program ini juga dapat meningkatkan keterampilan seperti komunikasi, teamwork (kerja sama), kecakapan sosial, kepemimpinan dan lain sebagainya. Selain itu kita juga bisa melihat dan merasakan secara langsung penerapan ilmu dari teori yang selama ini hanya kita dapatkan diwaktu perkuliahan.
Pada saat pemagangan, saya ditempatkan di berbagai bagian di Kantor Pos seperti bagian Pelayanan, Proses, Pemasaran, Pengawasan Unit Pelayanan Luar, Akuntansi dan Keuangan. Di bagian Pelayanan saya mendapat berbagai tugas dan pekerjaan, hampir tiga minggu saya melaksanakan pekerjaan pelayanan di loket terpadu. Disana kita langsung melayani pelanggan yang akan melakukan pembayaran tagihan pengiriman surat dan barang ataupun penarikan dan pengiriman uang dalam negeri maupun luar negeri. Selain melatih komunikasi, kita juga harus teliti pada saat bekerja. Selain hal-hal di atas kita juga bisa mempelajari permasalahan-permasalahan yang sering terjadi di kantor yang mungkin bisa menjadi penghambat pekerjaan.
Sahabat, banyak sekali ilmu dan pengalaman yang mungkin tidak bisa saya ungkapkan disini. Mulai dari awal kedatangan saya ke Solo untuk melaksanakan magang ini banyak sekali cerita suka duka yang sangat berarti bagi saya. Dimana kita benar-benar merasakan bekerja yang sesungguhnya, jauh dari orang tua, mencari solusi dari setiap permasalahan yang kita hadapi dan masih banyak lagi. Untuk itu jangan lupa untuk selalu bersyukur dan jangan lelah berbuat baik pada semua orang yaa. Sekian cerita pengalam saya yang sangat berharga ini, semoga bisa menjadi cerita yang menarik bagi sahabat..

Jangan lupa kuliah di Program Studi Ekonomi Syariah Universitas Alma Ata Yogyakarta yaaa…

WASSALAMU’ALAIKUM WR WB..

Silahkan berkirim pesan kepada kami

Saluran ini khusus untuk informasi PMB, Untuk informasi selain PMB silahkan menghubungi Customer Service kami di nomer telepon.
0274-434-22-88
atau silahkan mengakses laman
https://almaata.ac.id/customer-service/
Terimakasih.
Powered by