Tahap Pendidikan

Tahap Pendidikan pada Prodi Ekonomi Syari’ah adalah tahap pendidikan program sarjana yang berlangsung selama 4 tahun, dengan menempuh minimal 144 SKS dari 156 SKS yang diitawarkan. Selama 4 tahun tersebut, mahasiswa akan menjalani proses pembelajaran baik teori maupun praktik. Tahapan-tahapan dalam proses pendidikan di prodi ekonomi syari’ah adalah sebagai berikut:

  1. Pembelajaran teori dan praktikum

Kegiatan pembelajaran teori dan praktikum, mulai diberikan kepada mahasiswa sejak semester 1 hingga semester 7. proses pembelajaran teori terbagi menjadi dua yaitu pembelajaran teoi murni dan pembelajaran teori plus praktikum yang terpadu menjadi satu kesatuan mata kuliah, selain itu pembelajaran teori ini menuntut kepada mahasiswa dan dosen untuk selalu aktif improvisasi serta berinovasi dalam menyiapkan calon ekonom professional. secara umum pembelajaran teori ini meliputi pembelajaran kelas, pembelajaran di perusahaan, lembaga keuangan baik bank maupun non bank.

  1. Skripsi

SKS penulisan proposal penelitian telah dapat diambil oleh mahasiswa sejak semester 6. Dengan ini, diharapkan dapat menyiapkan mahasiswa untuk melakukan penelitian dan lulus tepat waktu (8 semester).

  1. Praktik lapangan

Praktik lapangan (placement) dilaksanakan mahasiswa dalam semester 7. Dalam kegiatan pembelajaran ini, mahasiswa akan menjalani praktik yaitu berupa magang kewirausahaan dan praktek kerja lapangan di perusahaan, lembaga keuangan baik bank maupun non bank.

 

Metode Pembelajaran

Kurikulum pendidikan S1 Ekonomi Syari’ah Universitas Alma Ata dirancang dengan mengacu dan menyesuaikan terhadap perkembangan dan kebutuhan serta masalah-masalah ekonomi yang berkembang di Indonesia. Dimana para lulusan dibekali dengan ketrampilan kuantitatif dan penalaran dalam menganalisis berbagai permasalahan ekonomi baik dimensi makro maupun mikro. Demi mendukung terwujudnya lulusan yang kompeten dan mampu menawarkan berbagai alternatif solusi ekonomi di tengah-tengah masyarakat, maka metode pembelajaran di S1 Ekonomi Syari’ah Alma Ata ini menggunakan Problem Based Learning (PBL) dan Student Centered Leraning (SCL) dimana mahasiswa dituntut untuk lebih aktif belajar mandiri dan mencari sumber-sumber ajar yang relevan sebagai bahan diskusi atau penyelesaian tugas di bawah bimbingan dosen yang profesional. Mata kuliah pada prodi Ekonomi Syari’ah Alma Ata dikelompokan menjadi dua yaitu berdasarkan kelompok kompetensi dan berdasarkan elemen kompetensi. Kelompok kompetensi meliputi mata kuliah kompetensi utama, kompetensi pendukung dan kompetensi lainnya. Sedangkan elemen kompetensi meliputi mata kuliah pengembangan kepribadian, keilmuan dan ketrampilan, keahlian berkarya, perilaku berkarya dan berkehidupan bermasyarakat.

Suasana kegiatan diskusi di program studi S1 Ekonomi Syari’ah Alma Ata dengan metode Student Centered Learning yang mendorong mahasiswa untuk lebih aktif dan mandiri

163 total views, 1 views today