Visi & Misi

VISI

Pada tahun 2040, Program Studi PAI menjadi Program Studi yang unggul dalam bidang pengembangan sistem  pembelajaran Agama Islam berbasis mutu, mandiri, berdaya saing global dan berlandaskan nilai-nilai keisalaman dan kebangsaan Indonesia dan berkontribusi terhadap pembangunan kesejahteraan bangsa dan peradaban dunia.

MISI

  1. Menyelenggarakan kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (Tridharma Perguruan Tinggi) di Prodi PAI yang bermutu tinggi, berkontribusi terhadap pembangunan kesejahteraan bangsa dan peradaban dunia berlandaskan nilai-nilai keislaman dan kebangsaan Indonesia.
  2. Mengembangkan sistem dan atmosfir akademik yang kondusif di Prodi PAI bagi terwujudnya budaya mutu (quality culture) dalam menyelenggarakan Tri Dharma Perguruan Tinggi melalui pengembangan tata kelola perguruan tinggi yang baik (good university governance) secara bertahap dan berkesinambungan.

TUJUAN:

  1. Menghasilkan lulusan yang unggul dalam bidang pengembangan sistem pembelajaran Agama Islam berbasis mutu, kompeten, profesional, berdaya saing global, berakhlak mulia, serta menjunjung tinggi nilai-nilai kebangsaan Indonesia.
  2. Menghasilkan karya ilmiah di bidang kajian sistem pembelajaran Agama Islam berbasis mutu bereputasi nasional maupun internasional dan secara langsung maupun tidak langsung dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia dan bermakna bagi pengembangan peradaban dunia.
  3. Membangun atmosfir akademik yang kondusif bagi terselenggarangan kegiatan tridharma perguruan tinggi.
  4. Mengembangkan sistem tata kelola Program studi berbasis prinsip good university governance.

Para sesepuh dan pengurus Pondok Pesantren (PP) Yayasan Ali Masduqi dan PP Yayasan Ali Maksum di Yogyakarta pada tanggal 04 Juni 2001 mendirikan institusi penyelenggara Pendidikan Alma Ata atau kalau menurut kalender hijriah jatuh pada hari Senin, tanggal 12 Robi’ul Awwal tahun 1422 H berdasarkan Akte Notaris No. 3, dengan Notaris Daliso Rudianto SH, tertanggal 05 Juni 2001. Selanjutnya pada tanggal 20 Januari 2007 bertepatan dengan tanggal 01 Muharram 1428 H berdasarkan rapat anggota Dewan Pembina Yayasan Alma Ata, badan hukum Yayasan Alma Ata dirubah bentuk badan hukumnya menjadi Perkumpulan Alma Ata. Kemudian perkumpulan tersebut disahkan berdasarkan Akte Notaris No 03, dengan notaris Drs. Mohammad Yusuf Sungkono, S.H., Dipl. Eng pada tangal 22 Januari 2007. Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) didirikan berdasarkan keputusan Yayasan nomor: 09/YAA/STIT/XI/2005, tanggal 25 November 2005, STIT lahir pada tanggal 28 Mei 2007, sesuai keputusan Menteri Agama Nomor Dj.I/220.D/2007Tanggal 28 Mei 2007. STIT Alma Ata mempunyai program studi Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI).

Pada tanggal 04 September 2008, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Alma Ata Yogyakarta berubah nama menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Agama (STIA) Alma Ata Yogyakarta, berdasarkan keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia No: Dj.I/314/2008. Prodi PAI Alma Ata telah memperoleh status akreditasi “ B” berdasar  SK BAN PT No. 483/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2014.

Dengan alih statusnya Perguruan tinggi Alma Ata menjadi Universitas, maka prodi PAI yang telah terakreditasi B dari BAN PT ini menjadi bagian dari Universitas Alma Ata pada Fakultas Ilmu Pendidikan dan Keguruan.

Adapun penjabaran dari profil lulusan sebagaimana tergambar di atas adalah;

  1. Educator

Lulusan Program Studi S1 PAI Universitas Alma Ata mampu mendidik secara professional sebagai guru mata pelajaran PAI baik pada jalur sekolah ataupun madrasah.

  1. Leader & Manager

Lulusan Program Studi S1 PAI Universitas Alma Ata mampu memimpin dan bertanggung jawab dalam mengendalikan pelaksanaan program pengajaran, baik secara formal maupun nonformal serta efisien dan efektif

  1. Researcher

Lulusan Program Studi S1 PAI Universitas Alma Ata mampu merencanakan, melaksanakan dan memanfaatkan hasil penelitian di bidang pendidikan islam.

  1. Consultant

Lulusan Program Studi S1 PAI Universitas Alma Ata mampu memberikan masukan dan ide-ide baru berkenaan dengan pengembangan pendidikan Islam baik di setting sekolah ataupun madrasah serta menjadi konsultan dalam penulisan karya ilmiah.

  1. Supervisor

Lulusan Program Studi S1 PAI Universitas Alma Ata mampu menstimulir, mengkoordinir dan membimbing secara continue pertumbuhan beberapa guru PAI yang ada di sekolah ataupun di madrasah pada tingkat dasar atapun tingkat menengah secara individual maupun secara kolektif, agar lebih mengerti dan lebih efektif dalam mewujudkan seluruh fungsi pengajaran untuk meningkatan mutu pendidikan

Kurikulum

Kurikulum

Kurikulum

Kurikulum