Metode Pembelajaran

Perencanaan pembelajaran yang disiapkan sesuai dengan tujuan yaitu perencanaan yang telah disusun.Dalam proses pembelajaran, mahasiswa didorong untuk bisa mengikuti perkembangan teknologi informasi dan penguasaan ketrampilan komputer. Mahasiswa Alma Ata difasilitasi mengenal dan mengaplikasikan teknologi informasi dalam mendukung pelaksanaan profesi guru Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PG MI/SD) yaitu dalam penyusunan makalah, penelitian, pengolahan data, penelusuran data. Dosen memberikan penugasan kepada mahasiswa sedemikan rupa sehingga mendorong mahasiswa dalam penggunaan teknologi informasi seperti mencari literatur jurnal di internet, mencari materi terkait di internet, serta pengumpulan tugas harus diketik, sehingga hal ini secara perlahan tapi pasti akan mendorong mahasiswa untuk terus terpapar dengan teknologi informasi.

Model pembelajaran yang dikembangkan di Program Studi PG MI/SD adalah model pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa (Student Centered Learning) yang lebih menekankan pada minat kebutuhan dan kemampuan individu, berbeda dengan sebelumnya yang menggunakan metode konvensional. Melalui model SCL ini mahasiswa didorong untuk “learning how to learn”, sehingga akan memunculkan sikap kreatif, kemandirian, kedisiplinan, berpikir kritis, berkomunikasi dan bekerjasama dengan baik dalam tim, berkeahlian teknis yang baik, dan memiliki wawasan global. Perubahan dari konvensional ke SCL dilakukan secara bertahap pada mata kuliah-mata kuliah tertentu. Dengan metode SCL ini mahasiswa didorong menjadi pembelajar yang aktif (active learners) melalui diskusi kelompok, belajar mandiri dengan bimbingan dan stimulasi dari dosen. Pelaksanaan proses pembelajaran di prodi PGMI/SD memperhatikan tiga ranah pembelajaran yaitu ranah kognitif, ranah afektif, dan ranah psikomotorik.

181 total views, 2 views today