PROSPEK PROGRAM STUDI EKONOMI SYARIAH UNIVERSITAS ALMA ATA

PROSPEK PROGRAM STUDI EKONOMI SYARIAH UNIVERSITAS ALMA ATA

Seiring pesatnya ekonomi syariiah kebutuhan atas lulusan tenaga ekonomi syariahsaat ini banyak dibutuhkan berbagai pihak. SDM ekonomi syariah memiliki kesempatan bekerja pada sektor Halal Food, Industri asuransi, fashion Islami, kosmetika halal, farmasi, hiburan dan pariwisata syariah. Menurut laporan State of global Islamic Economy sektor rill syariah seperti kuliner halal mencapai 6,5 trilius USD dan pariwisata syariah mencapai 1.3 triliun USD dengan demikian kebutuhan SDM ekonomi syariah pada sektor-sektor tesebut sangat tinggi. Selain itu kesempatan kerja juga terbuka di dalam  bidang kebanksentralan, Otoritas jasa keuangan, Lembaga Amil Zakat& waqaf, Pasar Modal Syariah dan lain sebagainya. Tahun 2015 kebutuhan SDM di bank umum syariah mencapai 40 ribuan belum lagi  kebutuhan SDM pada Bank perkreditan Syariah dan lembaga keuangan mikro. kebutuhan SDM di bidang perbankan akan terus meningkat seiring dengan bertumbuhnya market share industri keuangan syariah. Tahun 2016 penyerapan tenaga kerja UMKM Indonesia mencapai 97,30%, sedangkan di ASEAN penyerapan tenaga kerja mencapai 51,7% -97,2%, lulusan program studi ekonomi syariah juga memiliki kesempatan yang luas baik sebagai konsultan UMKM, Manajer, maupun sebagai entrepreneur. Kompetensi lulusan Program studi Ekonomi Syariah Universitas Alma Ata dirancang untuk dapat bersaing dalam mengisi peluang kesempatan kerja tersebut.

Universitas Alma ata membuka peluang dan kesempatan emas bagi para lulusan sekolah menengah umum, sekolah kejuruan, madrasah aliyah dan masyarakat umum yang ingin menekuni disiplin Ilmu Ekonomi Islam untuk berperan dalam dunia kerja profesional. Universitas Alma Ata dapat menjadi pilihan yang tepat karena Universitas Alma Ata merupakan tempat terbaik bagi para pencari ilmu, terutama ilmu Ekonomi Islam.Selain teori mahasiswa juga memperoleh kesempatan untuk menerapkan teori yang dimiliki berupa magang kerja baik BMT, UMKM, Pedagaian, maupun Bank Syariah, mahasiswa juga diwajibkan untuk menerapkan pengetahuan selama kuliah dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat .

Universitas Alma Ata memberikan kurikulum terbaik dengan masa studi 8 semester dan bermitra kerja bidang ekonomi syariahdengan pihak pemerintah dan swasta. Universitas Alma Ata memiliki lingkungan akademik yang nyaman, Dosen profesional dan berkompeten baik dari kalangan praktisi maupun akademisi, alumni yang berjejaring secara nasional serta fasilitas career centre.