Kurikulum prodi PGMI

Kurikulum prodi PGMI

Mahasiswa PGMI secara umum ditawarkan tiga jenis mata kuliah yaitu; mata kuliah wajib di program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) berjumlah 124 SKS, mata kuliah pilihan berjumlah 20 SKS dan mata kuliah wajib universitas berjumlah 16 SKS.

Program Studi PGMI hadir dalam rangka turut serta mencetak lulusan calon guru/ pendidik MI/ SD yang profesional, berkompeten dan unggul di bidang inovasi pembelajaran dan pendidikan dasar berbasis pada pengembangan keilmuan, riset, dan IPTEK terbarukan dan menghasilkan lulusan calon guru MI/ SD yang berkarakter, cinta ilmu, cinta tanah air dan bangsa, bervisi global, berjiwa wirausaha, ber-akhlak al-karimah dan mengabdi untuk pengembangan pendidikan dasar dan kepentingan umat. Kompetensi seperti ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap dunia pendidikan dan dapat menjawab tantangan sebagai akibat akselerasi perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 44 tahun 2015 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, Bab I ketentuan umum pasal 1 menyebutkan bahwa program studi adalah kesatuan kegiatan pendidikan dan pembelajaran yang memiliki kurikulum dan metode pembelajaran tertentu dalam satu jenis pendidikan akademik, pendidikan profesi, dan/atau pendidikan vokasi.

Kurikulum PGMI Universitas Alma Ata disusun berdasarkan SNPT dan KKNI. Rumusan kurikulum PGMI setidaknya mencankup capaian pembelajaran lulusan, bahan kajian, proses, dan penilaian yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan program studi, dan dikembangkan berdasarkan empat dimensi yang terdaapat dalam kurikulum yaitu tujuan pendidikan dan pembelajaran, materi ajar/mata kuliah, pengalamn belajar/proses pembelajaran/metode, dan evaluasi.

Program Studi PGMI Universitas Alma Ata memiliki ciri khusus dalam usahanya membekali sekaligus memfasilitasi para lulusan agar: 1) mampu menjadi pendidik (educator) yang berkompeten dan profesional, bervisi global dengan berbasis kepada penguasaan dan pengembangan keilmuan, penelitian, IPTEK, kewirausahaan bervisi global dengan berbasis kepada penguasaan dan pengembangan keilmuan, penelitian, IPTEK, kewirausahaan dan akhlaq al-karimah; 2) mampu menjadi pribadi yang berkarakter dan berkepribadian Islami, berjiwa nasionalis dan cinta tanah air dan bangsa, simpatik, toleran dan dinamis yang mampu menjadi sosok panutan dan teladan (character builder) bagi para peserta didik dalam bertutur kata, berperilaku dan bersikap dalam konteks bermasyarakat, berbangsa dan bernegara; 3) mampu menjadi pendidik yang unggul dalam penguasaan dan pengembangan ilmu pengetahuan sesuai keahlian di bidangnya serta mampu melakukan inovasi pembelajaran dan pendidikan dasar yang berbasis kepad  a pengembangan keilmuan, riset, dan IPTEK terbarukan (researcher); serta 4) berpegang teguh kepada nilai-nilai keislaman, kebangsaan dan berjiwa kewirausahaan (Islamic Edutechpreneur).

 

38 total views, 1 views today