Profil Prodi PGMI

VISI

Pada tahun 2040, Program Studi PGMI Alma Ata menjadi Program Studi terdepan dalam menghasilkan calon guru MI yang unggul di bidang desain pembelajaran yang berorientasi pada kebutuhan pendidikan dasar, mandiri, berdaya saing global, berkontribusi terhadap pembangunan kesejahteraan bangsa dan peradaban dunia berlandaskan nilai-nilai keislaman dan kebangsaan Indonesia.

MISI

  1. Menyelenggarakan kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (Tridharma Perguruan Tinggi) di bidang desain pembelajaran yang berorientasi pada kebutuhan pendidikan dasar di prodi PGMI yang bermutu tinggi, berkontribusi terhadap pembangunan kesejahteraan bangsa dan peradaban dunia berlandaskan nilai-nilai keislaman dan kebangsaan Indonesia.
  2. Mengembangkan sistem dan atmosfir akademik yang kondusif bagi terwujudnya budaya mutu (quality culture) dalam menyelenggarakan Tri Dharma Perguruan Tinggi melalui pengembangan tata kelola perguruan tinggi yang baik (good university governance) secara bertahap dan berkesinambungan

 

SEJARAH

Program Studi Pendidikan Guru MI (PGMI) Fakultas Agama Islam Universitas Alma Ata berdiri tahun 2007 sesuai keputusan Menteri Agama  Direktur Jenderal Pendidikan Islam  dengan nomor Dj.I/ 494/ 2007 tertanggal 17 Desember 2007 dibawah STIT Alma Ata sesuai dengan izin oprasional prodi Dj.I/ 494/ 2007.Pada tahun 2008 STIT berubah menjadi STIA (Sekolah Tinggi Ilmu Agama) sesuai dengan SK Direktur jendral Pendidikan Islam dengan Nomor: Dj.I/314/20008. PGMI Semula berkedudukan di Jl. Dongkelan 325, Krapyak Kulon, Desa Panggungharjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta dan sekarang berlokasi di JL. Ring Road Barat Daya No. 1 Tamantirto Yogyakarta Telep. 0274-4342288, Fak. 0274-4342269. Dan tetanggal 24 Mei 2012 dan telah terakreditasi BAN-PT dengan nomor 013/BAN-PT/Ak-XV/S1/VI/2012, dan telah reakreditasi pada tahun 2014 dengan nilai “B” sesuai dengan SK BAN-PT No. 437/SK/BAN-PT/Akred/S/XI/2014 dengan tanpa visitasi dari tim Assesor BAN-PT. pada saat ini PGMI beroprasional berdasarkan SK kementrian Agama tahun 2016 No. tertanggal 13 Desember 2016 melebur dalam Universitas Alma Ata di dalam Fakultas Agama Islam (FAI)

PROFIL

Universitas Alma Ata Yogyakarta merupakan salah satu pioneer penyelenggara Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) di Yogyakarta. Hadirnya Program Studi PGMI Alma Ata merupakan salah satu bentuk ikhtiar dalam rangka turut serta menjawab tantangan perbaikan mutu kualitas pendidikan tingkat dasar di Indonesia. Berdasarkan laporan Education For All (EFA) Global Monitoring Report 2011: The Hidden Crisis, Armed Conflict and Education yang dikeluarkan oleh UNESCO, Indeks pembangunan pendidikan atau education development index (EDI) Indonesia adalah sebesar 0,934. Angka ini menempatkan Indonesia di posisi ke-69 dari 127 negara di dunia.

Salah satu faktor penyebab rendahnya kualitas pendidikan dasar di Indonesia adalah persoalan jumlah dan kualitas guru. Kualitas dan kuantitas tenaga pendidik di Indonesia masih sangat rendah. Dari data Kemendiknas 2010 akses pendidikan di Indonesia masih perlu mendapat perhatian. Terdapat lebih dari 54% guru memiliki standar kualifikasi yang perlu untuk segera ditingkatkan.

Program Studi PGMI Alma Ata  membekali sekaligus memfasilitasi para lulusan agar 1) mampu menjadi pendidik (educator) yang berkompeten dan profesional, bervisi global dengan berbasis kepada penguasaan dan pengembangan keilmuan, penelitian, IPTEK, kewirausahaan bervisi global dengan berbasis kepada penguasaan dan pengembangan keilmuan, penelitian, IPTEK, kewirausahaan dan akhlaq al-karimah; 2) mampu menjadi pribadi yang berkarakter dan berkepribadian Islami, berjiwa nasionalis dan cinta tanah air dan bangsa, simpatik, toleran dan dinamis yang mampu menjadi sosok panutan dan teladan (character builder) bagi para peserta didik dalam bertutur kata, berperilaku dan bersikap dalam konteks bermasyarakat, berbangsa dan bernegara; 3) mampu menjadi pendidik yang unggul dalam penguasaan dan pengembangan ilmu pengetahuan sesuai keahlian di bidangnya serta mampu melakukan inovasi pembelajaran dan pendidikan dasar yang berbasis kepada pengembangan keilmuan, riset, dan IPTEK terbarukan (researcher) serta berpegang teguh kepada nilai-nilai keislaman, kebangsaan dan berjiwa kewirausahaan. (Islamic Edutechpreneur).

Kaunggulan dari Program Studi PGMI Universitas Alma Ata Yogyakarta  adalah sebagai berikut:

Keunggulan 1

Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Universitas Alma Ata merupakan salah satu pioneer Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) di Yogyakarta

Keunggulan 2

Program Studi PGMI Alma Ata saat ini telah terakreditasi BAN-PT dengan nomor 013/BAN-PT/Ak-XV/S1/VI/2012 dan telah reakreditasi dengan nilai “B” pada tahun 2014 sesuai dengan SK BAN-PT No. 437/SK/BAN-PT/Akred/S/XI/2014 dengan tanpa visitasi dari tim Assesor BAN-PT . Pada tahun 2017 ini, Program Studi PGMI Alma Ata akan kembali melaksakan proses reakreditasi.

Keunggulan 3

Model pembelajaran yang dikembangkan di Program Studi PGMI adalah model pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa (Student Centered Learning) yang lebih menekankan pada potensi, minat, kebutuhan dan kemampuan individu. Melalui model SCL ini mahasiswa didorong untuk “learning how to learn” dan didorong untuk menjadi pebelajar yang aktif (active learners) dalam diskusi kelompok maupun belajar mandiri melalui bimbingan dan stimulasi dari dosen, sehingga akan memunculkan sikap kreatif, kemandirian, kedisiplinan, berpikir kritis, cakap dalam berkomunikasi dan bekerjasama dengan baik dalam sebuahteam work, memahami konsep, memiliki keahlian teknis yang baik, dan memiliki wawasan global.

78 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini