Parenting Series # 4 HIMMI PGMI UAA Pengasuhan Yang Tepat Keluarga Bahagia

Parenting Series # 4 HIMMI PGMI UAA Pengasuhan Yang Tepat Keluarga Bahagia

Parenting (pengasuhan) merupakan proses membangun pikiran orang tua (guru, orang tua, atau calon guru)  agar mampu membangun fikiran anak. Setiap orang tua dan masyarakat pada umumnya harus  memiliki karakter yang dibaratkan seperti gelas terbuka (diistilahkan oleh Bunda Iffah SEBAGAI “ramah jantung anak”) yaitu: dimana orang tua yang mau terus belajar dan terus mengembangangkan potensi dan kemajuan anak. Dengan karakter ini diharapkan dapat menjadi teladan dan motivator bagi anak untuk mengembangkan dirinya dan merasa adanya perhatian dan kenyamanan dari orang terdekatnya. Nah bagaimana cara meningkatkan kecakapan pengasuhan orang tua? Paling tidak kuncinya adalah 5-C yaitu Communication, Collaboration, Control, Creativity, and Consistency, yang diwujudkan dalam: a. Tunjukkan perhatian dan minat, b. Mendorong berbicara dengan ajukan pertanyaaan yang terbuka, c. Mendengarkan secara aktif (dengarkan anak berbicara dan degarkan pesan non-verbal), d. Ciptakan rasa nyaman dalam berkomunikasi satu sama lainnya, e. Bicaralah sesuai fisik/pertumbuhan dan usia anak, f. Mencontohkan Perilaku yang baik secara konsisten.

Dalam mewujudkan “Ramah Jantung Anak”, orangtua harus mampu menahan diri untuk tidak: mempermalukan anak, berkomunikasi saat anda marah atau saat lelah, berasumsi dengan langsung mengambil kesimpulan, memberikan nasehat atau berkhotbah dengan motivasi negatif, berperilaku seperti anak tersebut, membandingkan anak dengan anak lain, menuntut lebih pada  anak.

Konsep diatas membuat melihat dan mendengar apa yang akan dilakukan orang tua sebagai pelajaran berharga yang akan membekas dan membuat anak dan orangtua berbahagia. Demikian ungkap Nikmah Afifah, M.Ag., M.Pd.I. (atau lebih dikenal dengan Bunda Iffah) dalam penyampaian materi parenting online kesempatan ini.

Parenting online Series ini diselengarakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru MI (HIMMI) Universitas Alma Ata pada Ahad, 25 April 2021 secara daring yang difasilitasi ruang Zoom dari univeristas. Parenting online ini diikuti oleh 173 pendaftar yang terdiri dari berbagai kalangan baik mahasiswa, calon guru, orang tua, praktisi pendidikan, dosen dan masyarakat secara umum. Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan bekal kepada guru, calon guru, mahasiswa, calon orang tua, orang tua, dan masyarakat secara umum. Kegiatan parenting series 5 akan diladakan pada pada tanggal 2 Mei 2021 bersama HIMMI PGMI UAA. Jadi tunggu kelanjutan seri 5 dan pastikan anda terdaftar.

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*