”PENGALAMAN MAGANG MAHASISWA BERSERTIFKAT (PMMB) UNIVERSITAS ALMA ATA YOGYAKARTA DI PEGADAIAN KANWIL XI SEMARANG’

”PENGALAMAN MAGANG MAHASISWA BERSERTIFKAT (PMMB) UNIVERSITAS ALMA ATA YOGYAKARTA DI PEGADAIAN KANWIL XI SEMARANG’

Saya Verika Rahayu  Widiastuti Mahasiswa Universitas Alma Ata Yogyakarta Program studi Ekonomi Syariah angkatan tahun 2016, first impression mendengar tentang program magang mahasiswa bersertifikat (PMMB) ini sangat menarik awal akan mendaftar sempat berfikir apakah saya bisa dan mampu untuk mengikuti program ini karena kita akan ditempatkan di perusahaan BUMN yang memang semua kita tahu didalamnya berisi perusahaan-perusahaan besar milik negara dengan berbagai instasi. Untuk jangka waktu magangnya sendiri cukup lama yakni 6 bulan yang jika dalam program magang biasanya hanya 1 bulan. Kegiatan PMMB tidak hanya melibatkan satu universitas, tetapi melibatkan banyak universitas baik universitas negri maupun swasta yang tidak kalah menarik saat kita mengikuti program PMMB kita juga dapat uang saku yang tentunya sudah disetujui oleh masing-masing instansi dan mahasiswa pada saat pertama kali program PMMB ini akan di adakan, tetapi yang lebih penting adalah nantinya ketika kita sudah selesai melakukan magang maka kita akan dapat sertifikat. Dan pada kali ini saya berkesempatan untuk magang di Pegadaian KANWIL XI Semarang yang merupakan perusahaan BUMN.

Hari pertama saya dan teman-teman datang dilakukan pembagian devisi ada yang di tempatkan di devisi keuangan, devisi bisnis dan kebetulan saya dapat di bagian Human Capital atau yang biasa di sebut SDM, sebelum diajarkan untuk melakukan tugas-tugas saya dipersilahkan untuk memperkenalkan diri tidak hanya memperkenalkan diri di devisi SDM tapi saya juga berkenalan dengan devisi lainnya. Setelah selesai, saya mulai dikenalkan dengan tugas-tugas dari hal kecil yaitu mengagendakan surat yang masuk kemudian membuat serah terima sertifikat ketika kantor pusat mengirimkan sertifikat-sertifikat kompetensi pegawai. Pada devisi SDM masih ada pembagian pekerjaan seperti ada bagian budaya kerja dan  pelayanan, pengembangan dan diklat dan bagian SDM. Pada kesempatan magang kali ini saya benar-benar diajarkan bagaimana melakukan sebuah pekerjaan bahkan ketika saya tidak paham dan bertanya mereka akan menjawab dan mengajarkannya dengan ramah, diajarkan bagaiamana cara berkomunikasi yang baik, teliti dalam mengerjakan tugas, dan disini saya bertemu orang-orang baru yang alhamdulilah semua baik dan walcome sama anak magang.

Banyak sekali pengalaman yang didapat setelah mengikuti PMMB seperti bagaimana kita harus bersikap ketika berada disebuah instansi dimana kita bekerja, memiliki gambaran tentang dunia kerja, lebih memahami sebuah profesi, membangun rasa percaya diri dan memperbanyak teman. Tentunya masih sangat banyak lagi pengalaman yang didapat yang sangat bermanfaat dan juga bisa menjadi bekal bagi saya untuk memulai karir setelah lulus kuliah. Senang sekaligus bangga bisa berkesempatan mengikuti PMMB kali ini, disamping banyak manfaat yang akan kita dapat, disini kita juga membantu pemerintah untuk mensukseskan progam PMMB yang tujuannya sangat bagus yakni menciptakan sumber daya manusia yang tidak hanya memiliki wawasan tetapi yang berkompeten dan memiliki pengalaman. Saya berharap di batch berikutnya akan ada banyak mahasiswa Alma Ata Yogyakarta yang mengikuti proram ini agar kita bisa membawa nama kampus tentunya dengan citra yang baik.

 

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*