PRODI PAI SELENGGARAKAN WEBINAR PENDIDIKAN SEBAGAI PROYEK MAHASISWA PADA MATA KULIAH PEMBELAJARAN PAI TAHAP 1 DENGAN TEMA “PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN GURU BERBASIS TEKNOLOGI”

PRODI PAI SELENGGARAKAN WEBINAR PENDIDIKAN SEBAGAI PROYEK MAHASISWA PADA MATA KULIAH PEMBELAJARAN PAI TAHAP 1 DENGAN TEMA “PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN GURU BERBASIS TEKNOLOGI”

[02/05/2021] Bertepatan dengan adanya Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada hari Minggu tanggal 2 Mei 2021. Program Studi Agama Islam, Universitas Alma Ata mengadakan Webinar Pendidikan dengan tema “ Peningkatan Mutu Pendidikan Guru Berbasis Teknologi” . Tujuan dari diadakannya webinar tersebut agar guru atau calon guru memiliki mutu pendidikan yang baik dan berkualitas, tentunya mutu tersebut juga diimbangi dengan mengikuti perkembnagan teknologi yang ada.

Dalam webinar pendidikan tersebut dihadirkan 2 (dua) pemateri dan 1 (satu) keynote speaker untuk menguatkan materi yang akan disampaikan pada acara tersebut. Diantara pematerinya adalah Bapak Dr. (Cand) Fiska Ilyasir, S.Pd.I., M.S.I selaku Dosen Prodi Pendidikan Agama Islam Universitas Alma Ata, kemudian juga Bapak Tri Rochmadi, M.Kom selaku Kaprodi Sistem Informasi Universitas Ata. Dan bertindak sebagai keynote speaker adalah Ibu Dr. (Cand) Laelatul Badriah, M.Pd. selaku Wakil Dekan FAI Universitas Alma Ata. Serta selaku moderator yang bertugas memandu berlangsungya webinar tersebut adalah Saudara Achmad Baha’ur Rifqi (Presiden Mahasiswa Universitas Alma Ata Periode 2019 – 2020.

Kemudian dalam webinar tersebut disampaikan bahwa “peran dan fungsi guru sebagai tenaga professional itu memiliki peran double atau peran ganda yang juga bias dikatakan  multi, ditambah melihat kondisi dunia pendidikan yang sekarang ini di masa pandemic” Ujar Ibu Lelatul Badriah, M.Pd. selaku keynote speaker. Maksudnya adalah bahwa seorang guru itu bukan hanya sebatas mereka orang yang berprofesi sebagai guru saja, orang tua pun bisa menjadi guru apalagi dimasa pandemic seperti ini yang menuntut peran orang tua yang lebih dalam medampingi belajar putra putrinya selama belajar dari rumah (BDR). Tetapi disini memiliki hal yang berbeda dalam peran dan fungsinya dengan guru atau orang yang berprofesi guru sebagai tenaga professional yang memiliki tugas dan fungsi tersendiri untuk mendidik, mengarahkan, memotivasi, membimbing peserta didiknya sehingga mampu mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditentukan.

Selanjutnya dalam pemaparan materi pada acara inti webinar pendidikan tersebut, Bapak Dr. (Cand) Fiska Ilyasir, S.Pd.I., M.S.I menyampaikan bahwa “seharusnya guru yang bermutu itu adalah guru yang memiliki kemampuan untuk memberikan layanan pendidikan, yang memuaskan kepada peserta didik” ujarnya. Guru adalah dia yang memang di didik dari awal sebagai calon guru, disiapkan  menjadi guru sehingga ketika menjalankan tugasnya dia memiliki spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan dia ketika menjalankan profesinya sebagai guru” Lanjutnya. Jadi untuk menjadi seorang guru yang bermutu itu, seharusnya memiliki kemampuan-kemampuan yang baik untuk memberikan layanan pendidikan yang baik, yang sesuai dengan spesifikasi, sesuai dengan kebutuhan profesinya sebagai guru kepada usernya dalam hal ini adalah peserta didik.

Kemudian juga disampaikan oleh beliau Bapak Tri Rochmadi, M.Kom beliau menyampaikan mengenai jenis-jenis atau peran pembelajaran berbasis IT, yang diantaranya ada e-learaning yang di Universitas Alma Ata juga sudah menggunakan aplikasi tersebut selama perkuliahan online ini, gamification dan hologram. Yang diantara tersebut juga sudah pernah beliau ajarkan dan sampaikan pada Mahasiswa Pendidikan Agama Islam, Universitas Alma Ata di semester 5. Dengan materi pembelajaran berbasis IT ini diharpkan dapat memberikan gambaran dan wawasan baru bagi guru dan calon guru untuk dapat mengembangkan pembelajaran secara kreatif dan inovatif dengan memanfaatkan kemajuan Teknologi saat ini dan masa yang akan datang.  

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*