PRODI PAI SELENGGARAKAN WEBINAR PENDIDIKAN SEBAGAI PROYEK MAHASISWA PADA MATA KULIAH PEMBELAJARAN PAI TAHAP 2 DENGAN TEMA “MENINGKATKAN KAPASISTAS BELAJAR SISWA DI ERA PANDEMI”

PRODI PAI SELENGGARAKAN WEBINAR PENDIDIKAN SEBAGAI PROYEK MAHASISWA PADA MATA KULIAH PEMBELAJARAN PAI TAHAP 2 DENGAN TEMA “MENINGKATKAN KAPASISTAS BELAJAR SISWA DI ERA PANDEMI”

[06/05/2021] Webinar Pendidikan ini dilaksanakan sebagai Refleksi Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2021di dua tahun masa pandemic covid 19, dengan Tema Meningkatkan Kapasitas Belajar siswa di Era Pendemi  yang diselenggarakan oleh Mahasiswa Prodi Pendidikan Guru Agama Universitas Alma Ata. Harapanya dengan adanya Webinar ini dapat menambah wawasan serta membuka cakrawala bagi calon guru dan guru,bahwa belajar dan mencari ilmu tidak terbatas oleh kondisi apapun.  Saat ini pada Pandemi memasuki tahun ke 2 tentunya banyak sekali perubahan-perubahan yang terjadi dalam pelaksanaan pendidikan. Dengan adanya kebijakan-kebijakan yang diberikan pemerintah belajar secara Daring tentu bukanlah hal mudah untuk dapat mencapai tujuan dan hasil belajar yang maksimal. Tentunya dengan menekan pada proses pembelajaran dengan berfikir kritis untuk menerapkan pembelajaran yang tepat, tentu membutuhkan seorang pendidik yang berkualitas dan profesional.

Webinar  pendidikan kali ini menghadirkan paraktisi pendidikan yaitu bapak Raden Muh Agus Marcaban,S.Pd.I sebagai kepala MIN 3 Kulonprogo dan dosen Pendidikan Guru MI UAA Laelatul Badriah, M.Pd. dengan moderator Diani Islamiyati. Dalam kesemaptan webinar ini bapak Raden Muh Agus Marcaban,S.Pd.I membahas terkait bagaimana menyesuaikan penerapan pembelajaran yang sesuai dengan Tipologi peserta didik. Sebagai pendidik tidak serta merta hanya memberikan ilmu tanpa landasan yang jelas. Tentu ilmu yang di berikan harus di iringi dengan strategi,metode serta perencanaan yang jelas pula. Mengingat pembelajaran yang biasanya dilaksanakan secara luring namun dengan adanya pendemi maka secara keseluruhan pembelajaran yang di terapkan berubah secara daring. Meskipun dengan sarana prasarana kurang memadai. Harapanya pendidik maupun peserta didik. Tetap semangat dalam mengeyam pendidikan, dan profesional dalam menjalankan peranya masing-masing.

Demikian pula disampaikan oleh pemateri ke 2 Ibu Laelatul Badriah, M.Pd. untuk dapat meningkatkan kapsitas pembelajaran hendaknya guru mampu mewujudkan proses pembelajaran yang bermakna bagi peserta didiknya. Oleh karena itu terdapat dua hal yang harus dilakukan oleh seorang pendidik yaitu kenali potensi dan kembangkan potensi yang ada dalam diri peserta didik melalui proses interanalisasi pendidikan karakter dalam proses pembelajaran. Paling tidak lima pokok nilai karekter yaitu religious, nasionalis, integritas, mandiri dan gotong royong tetap dapat dierapkan dalam rangka penguatan pendidikan karakater di masa pembelajaran daring.

 

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*