S1 Ekonomi Syariah

Peluang Kerja Bagi Lulusan Ekonomi Syari’ah Universitas Alma Ata Yogyakarta

Indonesia sebagai negara berpenduduk Islam terbesar di dunia tentunya juga menunjukkan perkembangan ekonomi syari’ah yang menggembirakan baik itu dari aspek konseptual/akademis maupun aspek praktis. Jumlah lembaga keuangan syariah semakin bertambah dari tahun ke tahun. Begitu juga dalam sektor wirausaha, penerapan ekonomi syari’ah dalam menjalankan bisnis juga semakin digalakkan oleh kalangan pengusaha. Sudah ada banyak komunitas pengusaha yang mempunyai visi untuk menjalankan dan mengembangkan bisnis mereka secara islami, seperti Jaringan Pengusaha Muslim Indonesia (JPMI), Indonesian Islamic Bussines Forum (IIBF), Pengusaha Muslim, dan lain-lain. Permintaan terhadap produk halal juga meningkat dari tahun ke tahun, dari 72 persen pada 2014 menjadi 92 persen pada 2015 yang silam. Bahkan berdasarkan survei yang dilakukan oleh Lembaga Pengembangan Perbankan Syariah (LPPI), jumlah tenaga kerja yang benar-benar kompeten dalam bidang ekonomi dan keuangan syariah masih dibutuhkan berkisar 14.000 orang guna mencapai target pangsa pasar. Pada saat yang sama Kementerian Keuangan juga masih membutuhkan tenaga-tenaga yang mumpuni dalam bidang keuangan syariah sementara jumlah lulusan sarjana ekonomi syariah yang sesuai dengan kualifikasi masih dibawah rata-rata baik secara kuantitas maupun kualitas. Atas dasar tanggung jawab dan turut berperan aktif dalam pengembangan sistem perekonomian yang berbasis syari’ah di Indonesia, kami Universitas Alma Ata ( UAA ) Yogyakarta, telah siap mendidik calon ekonom yang kompeten dan siap ambil peran penting dalam mengatasi kekurangan tenaga-tenaga profesional tersebut.

Legal Aspek

Program Studi Ekonomi Syari’ah diselenggarakan sejak bulan Juni 2007 berdasarkan SK Dirjen Pendis No. Dj.I/220.D/2007, pada tahun 2008 prodi manajemen syari’ah berganti menjadi prodi ekonomi syari’ah dan melebur ke dalam STIA Alma Ataberdasarkan surat keputusan Dirjen Pendis No. Dj.I/314/2008 dengan perpanjangan ijin operasional prodi pada tahun 2014 dengan SK Dirjen Pendis No. 444 Tahun 2014.Prodi ini telah memperoleh status akreditasi “ B” berdasar SK BAN PT No. 251/SK/BAN-PT/Akred/S/IV/2015

Alasan memilih kuliah di prodi Ekonomi Syari’ah Universitas Alma Ata

  1. Kegiatan belajar mengajar di program ekonomi syari’ah Universitas Alma Ata mengedepankan suasana akademik yang menyenangkan dan memenuhi azas keterkinian. Kampus Universitas Alma Ata dikenal dengan istilah “Green land campus” karena kenyamanan lingkungan dan faktor penunjang belajar mahasiswa. Ruang belajar yang representatif dengan dilengkapi laboratorium mini Bank, koneksi hotspot yang sangat memadai, dan sistem informasi yang mudah diakses merupakan komponen penting penunjang sukses mahasiswa belajar di Alma Ata.
  2. Lebih dari 75% lulusan prodi Ekonomi Syari’ah Alma Ata dapat terserap dalam pasar tenaga kerja nasional kurang dari 6 bulan setelah mereka menyelesaikan pendidikannya. Dari 75% yang terserap, lebih dari 95% memasuki area kerja sesuai dengan bidang ilmu yang telah menjadi pilihan yaitu sebagai praktisi di lembaga keuangan baik Bank maupun non Bank.
  3. Tenaga pengajar yang berkualitas baik darikalangan akademisi maupun praktisi dan merupakan patner, fasilitator, dan orangtua bagi seluruh mahasiswa. Dengan pendekatan Student-Centered Learning dalam proses pembelajaran, kebutuhan mahasiswa akan sangat bervariasi. Konsep family like supports yang dikembangkan Prodi Ekonomi Syari’ah dalam memfasilitasi mahasiswa telah membangun komunikasi yang lebih baik antara dosen dan mahasiswa.

Related Government

Related Association

Testimonial

  • Menyenangkan kuliah di Universitas Alma Ata, Ilmu yang diberikan sangat bermanfaat dalam dunia kerja. Universitas Alma Ata recomended banget bagi yang ingin kuliah di Ekonomi Syariah, Terima Kasih telah mengantarkanku ke jalan keberkahan, maju terus Alma Ata!!!

    Murningsih, S.E.I KSP Primkoveri 02 Pemalang (Alumni S1 Ekonomi Syariah Alma Ata tahun 2012)

  • Kuliah di Alma Ata menjadi pribadi mandiri, berpengalaman dan siap temur di dunia kerja, terbukti pada saya yang Alhamdulillah sudah mampu bersaing dengan lulusan universitas lainnya untuk menempati posisi pekerjaan yang saya geluti sekarang ini. Pokoknya Alma Ata MANTAP dan maju terus untuk Alma Ata.

    Musyafiq Masyim, S.E.I, Marketing PT. Borobudur Oto Mobil Yogyakarta

989 total views, 3 views today