Diklat Penguatan Budaya Kerja: Pembentukan Karakter Kerja melalui Kontrak Belajar dan Penguatan Kerohanian di SMKN 1 Sewon Oleh Dosen PGMI Universitas Alma Ata

Diklat Penguatan Budaya Kerja: Pembentukan Karakter Kerja melalui Kontrak Belajar dan Penguatan Kerohanian di SMKN 1 Sewon Oleh Dosen PGMI Universitas Alma Ata

Penguatan karakter kerja adalah kegiatan pemusatan olah pikir melalui pendekatan olah hati dan olah rasa dengan penguatan pendidikan karakter yang meliputi nilai utama karakter yang saling berkaitan. Kelima nilai utama penguatan pendidikan karakter adalah: religius, nasionalis, mandiri, gotong royong dan integritas. Kelima nilai ini berinteraksi satu sama lain yang nantinya akan menghasilkan individu yang beriman kepada Tuhan YME, tangguh dan luwes dalam menghadapi tantangan global dalam dunia usaha dan dunia industri (DUDI).

Kegiatan pendidikan dan latihan (DIKLAT) Penguatan Budaya Kerja dilaksankan pada hari Kamis, 01 Oktober 2010 di Ruang Rama-Shinta SMK N 1 Bantul oleh Dr. Kana Safrina Rouzi, M.S.I. dan Laelatul Badriah, M.Pd. diklat ini menekankan aktivitas para siswa dan guru untuk membuat kontrak belajar dan tindak lanjut kegiatan pembelajaran. Pelatihan ini bertujuan untuk menguatkan karakter belajar dan budaya bekerja siswa yang dibantu oleh para guru dalam rangka menyiapkan para siswa sekolah menengah kejuruan supaya mempunyai budaya kerja dan budaya belajar sehingga siap bersaing dalam industri, dunia usaha dan dunia kerja (IDUKA).

 

Berdasarkan materi yang telah disampaikan pada kegiatan pelatihan dan pendidikan (DIKLAT) tersebut dapat disimpulkan bahwa guru dan siswa harus bekerjasama dalam mewujudkan kompetensi siswa untuk membentuk karakter kerja dan budaya kerja melalui pembiasaan budaya sekolah yang dibentuk dalam proses kegiatan rutin, spontan, pengkondisian, dan keteladanan warga sekolah seperti kepala sekolah, guru dan tenaga kependidikan lainnya.

 

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*