Adaptasi Baru Program Praktek Kerja Lapangan (PKL) Prodi Perbankan Syariah UAA Selama Pandemi Covid-19

Adaptasi Baru Program Praktek Kerja Lapangan (PKL) Prodi Perbankan Syariah UAA Selama Pandemi Covid-19

Adanya krisis kesehatan global dampak adanya Covid-19 memberikan pengaruh perubahan pada model pelaksanaan PKL di Prodi Perbankan Syariah UAA. PKL atau magang kerja merupakan salah satu mata kuliah praktikum dengan bobot 4 SKS di mana mahasiswa diberikan kesempatan penuh untuk belajar di lapangan khususnya pada institusi yang terkait dengan bidang ekonomi dan keuangan Islam. Berdasarkan informasi dari Kour Akademik prodi Perbankan Syariah UAA, PKL tahun ini mahasiswa/i cenderung memilih industri perbankan syariah khususnya di level Bank Umum Syariah. 

Dari hasil kunjungan yang dilakukan oleh Ibu Dunyati Ilmiah, ME selaku Dosen Pembimbing Lapangan dengan mahasiswa bimbingannya bernama Agustin Indriyani ditemukan satu fakta menarik terkait pelaksanaan PKL di masa pandemi. Keunikan itu terletak pada ruang gerak mahasiswa yang tentunya dibatasi namun lebih memberikan pengalaman kerja yang dalam terkait spesialisasi kerja pada satu bidang. Pada kesempatan PKL kali ini mahasiswi tersebut memperoleh kesempatan untuk magang kerja pada KCP PT BRI Syariah Gedong Kuning Yogyakarta. 

Mahasiswa selama menjalani program PKL dituntut untuk adaptif dengan rotasi kerja yang diberikan meskipun bidang operasionalnya terbatas. Hal ini jelas memberikan pengetahuan dan pengalaman yang sangat berharga bagi mahasiswa/i untuk mengeksplorasi kapasitas yang dimiliki serta untuk mengekspresikannya kembali pada kegiatan magang kerja. Mata kuliah magang kerja/PKL ditawarkan pada semester 7 dengan harapan penguasaan materi serta kedalaman ilmu yang dimilikki oleh mahasiswa/i dapat dikonfigurasikan secara penuh ketika berhadapan dengan realitas dunia kerja. Dari adanya PKL tentunya mahasiswa/i merasakan pendekatan pembelajaran berbasis masalah serta pengalaman (Experience/Problem Based Learning) yang sesuai dengan bidang ilmu yang dipelajari selama di bangku perkuliahan.

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*