FAI Menyelenggarakan International Webinar Series 1 “The New Era: Toward Synergy of Halal Ecosystem”

FAI Menyelenggarakan International Webinar Series 1 “The New Era: Toward Synergy of Halal Ecosystem”

Kamis (24 Juni 2021)

Kegiatan webinar internasional yang diselenggarakan oleh Fakultas Agama Islam Universitas Alma Ata Yogyakarta pada 24 Juni 2021 ini dibuka secara resmi oleh Rektor Universitas Alma Ata, , Prof dr. H Hamam Hadi, M.S.,ScD., Sp.G.K. Dalam sambutannya menerangkan, Indonesia dapat mengambil peluang pasar industri halal dunia dengan keragaman ekspor produk halal yang dimiliki, tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri yang besar, tetapi juga kebutuhan internasional yang selalu meningkat dari tahun ke tahun.

Webinar yang dihadiri lebih dari 330 peserta ini diisi oleh para nara sumber, antara lain Atdag KBRI Cairo dengan topik Outlook Cairo Trade and Halal Ecosystem, Prof. Dr. Faridah Hj. Hassan, Universiti Teknologi MARA, Malaysia, Outlook Malaysia as a World Halal Hub, Al Haq Kamal SEI, MA, Sharia Economics Dept. Univ. Alma Ata, Supply chain Management at Halal Ecosystem, Ageng Asmara Sani, SEI, ME, Dept Islamic Banking, Universita Alma Ata, membahas tentang Indonesia Islamic Financial Institution as a key of Halal Ecosystem.

Para nara sumber sepakat, dalam upaya meningkatkan ekspor produk halal negara-negara Muslim baik Indonesia, Malaysia dan negara muslim lainnya, harus saling menguatkan akses pasar produk halal di pasar luar negeri, menyiapkan berbagai program untuk penguatan pelaku usaha ekspor produk halal termasuk fasilitasi penyelenggaraan sertifikasi halal bagi usaha mikro dan kecil. Sertifikasi halal ini bermanfaat untuk meningkatkan daya saing dan memberikan rasa aman bagi konsumen.

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*