Mahasiswa PAI menjadi Delegasi Partial Funded Garuda Nusa Youth Action #2 Lombok 2021

Mahasiswa PAI menjadi Delegasi Partial Funded Garuda Nusa Youth Action #2 Lombok 2021

Lombok, 1 Juli 2021,- menjadi hari istimewa bagi Diyani Islamiyati mahasiswa program studi Pendidikan Agama Islam semester 6 Universitas Alma Ata karena dinyatakan lolos sebagai delegasi pemuda untuk menjadi aktor pemberdayaan masyarakat di bidang Pendidikan, Kesehatan, Ekonomi, Pariwisata dan Lingkungan guna terbentuknya tata kelola potensi pariwisata yang baik dan ramah lingkungan berbasis kearifan lokal dan memanfaatkan potensi sumber daya alam di Lombok Nusa Tenggara Barat dalam skema Garuda Nusa Youth Action #2 Lombok 2021 yang diadakan oleh Garuda Nusa Foundation. yuk kita simak kisah inspiratif dari mbak Diyani Islamiyati.

Apa sih Garuda Nusa Youth Action #2 Lombok 2021?

Sebuah program pemberdayaan masyarakat yang diadakan oleh Garuda Nusa Foundation yang bertujuan sebagai wadah bagi para pemuda di seluruh penjuru Indonesia untuk mengaktualisasikan diri, memahami kearifan lokal dan berjejaring nasional dengan tema “Kolaborasi Merawat Indonesia”. Kegiatan ini akan diadakan di Desa Sasak Sade, Lombok, Nusa Tenggara Barat yang dilaksanakan pada 13-18 Agustus 2021 dengan fokus pemberdayaan masyarakat di bidang Pendidikan, Kesehatan, Ekonomi, Pariwisata dan Lingkungan. Output dari program GNYA #2 Lombok 2021 ini adalah terbentuknya tata kelola potensi pariwisata yang baik dan ramah lingkungan berbasis kearifan lokal dan memanfaatkan potensi sumber daya alam yang dimiliki oleh Desa Sasak Sade, Lombok NTB. Selain itu, terbentuknya tata kelola pemerintahan yang baik dan nyaman dalam pengembangan desa wisata yang kekinian dan dekat dengan milenial serta mengajarkan pola hidup sehat dan bersih dan menumbuhkan motivasi belajar kepada generasi muda desa. Outcome dari GNYA #2 Lombok 2021 yaitu terbentuknya kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan, berpendidikan tinggi, pentingnya menjaga keseimbangan dengan alam an kesadaran mengelola potensi wisata berdasarkan kearifan lokal. Dari program ini, peserta program juga mendapatkan leadership sharing dari Gubernur Nusa Tenggara Barat dan Walikota Mataram dalam meningkatkan rasa nasionalisme, patriotiasme, menghargai perbedaan dan membangun peradaban di daerah 3T khususnya.

Bagaimana Seleksi Delegasi GNYA #2 Lombok 2021?

Seleksi delegasi terdiri atas 5 tahapan yaitu

  1. Seleksi berkas yaitu isian pertanyaan dalam form pendaftaran,
  2. Wawancara online yang dilaksanakan melalui video call,
  3. Seleksi gagasan (karya inovasi) tentang SDGs,
  4. Pengumuman akhir dan
  5. Konfirmasi kehadiran dan pembekalan keberangkatan seluruh delegasi.

Pendaftar peserta seleksi GNYA #2 Lombok 2021 terdiri dari 250 orang. Seleksi berkas dilaksanakan pada tanggal 20 April 2021 hingga 31 Mei 2021, yang dinyatakan lolos seleksi berkas pada 8 Juni 2021 ada 100 peserta lolos dan dapat diakses melalui link s.id/LolosBerkasGNYA2Lombok. Kemudian dilanjutkan seleksi wawancara yang dilaksanakan pada tanggal 11-13 Juni 2021, yang dinyatakan lolos seleksi wawancara pada 17 Juni 2021 ada 40 peserta yang dapat diakses melalui link s.id/LolosWawancaraGNYA2Lombok. Selanjutnya pada tanggal 21-27 Juni 2021 dilakukan seleksi uji publik dimana 40 peserta bersaing secara ketat untuk mendapatkan vote terbanyak dan penilaian final dari juri. Akhirnya, pada tanggal 30 Juni 2021 adalah pengumuman akhir Delegasi GNYA #2 Lombok 2021 yaitu 5 delegasi fully funded, 5 delegasi partial funded plus dan 30 delegasi partial funded. Saya Diyani Islamiyati, alhamdulillah terpilih sebagai delegasi partial funded. Walaupun tidak terpilih sebagai delegasi fully funded saya tidak patah semangat. Beberapa proposal saya ajukan ke Pemerintah Daerah, Perusahaan dan Kampus, selain itu saya juga menggunakan dana pribadi sebagai bentuk komitmen saya mengabdi untuk negeri dan program ini. Semoga dengan kegiatan ini dapat menginspirasi kebaikan bagi kaum milenial untuk memberikan perubahan yang positif bagi sekitar kita, karena belajar adalah kebutuhan seumur hidup!  Kamukah delegasi GNYA selanjutnya?

Persiapkan diri kamu dari sekarang!

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*