CRACKING SUCCES FOR YOUNG ENTREPRENEUR

CRACKING SUCCES FOR YOUNG ENTREPRENEUR

Himpunan Mahasiswa PGMI (HIMMI) Universitas Alma Ata mengadakan Seminar Kewirausahaan dengan tema “Cracking Succes For Young Entrepreneur” pada hari Rabu, 13 Oktober 2021. Seminar ini merupakan suatu kegiatan yang bersifat edukatif dan wahana menambah wawasan mahasiswa/i berwirausaha, tata cara berwirausaha, apa yang harus kita lakukan ketika ingin membuka usaha, dan bagaimana mengembangkan usaha itu menjadi lebih dikenal oleh masyarakat (konsumen). Peserta seminar menyampaikan argumentasi (pertanyaan dan diskusi) langsung dengan narasumber dan bagi peserta yang memulai berwirausaha, bisa membagi permasalahan atau pengalaman yang dihadapi dalam berwirausaha. Acara seminar ini berlangsung pada pukul 08.00 – 12.00 WIB dan dilaksakan secara online lewat ruang zoom meeting.

Webinar ini dilandasi oleh banyaknya dampak yang disebabkan oleh pandemi Covid-19 dimana tidak sedikit karyawan yang bekerja di perusahaan mendapatkan PHK, pengurangan jam kerja, bahkan ada pemotogan gaji. Ini berakibat pada pemasukan yang berkurang, kehilangan pekerjaan, dan ada juga yang dirumahkan dengan waktu yang belum pasti kapan berakhir. Tentunya dari mereka banyak masih menunggu kepastian, apakah tetap bisa bekerja seperti sedia kala atau pasrah dengan kondisi yang terjadi saat ini namun kebutuhan hidup keluarga tetap harus berjalan.

Sektor usaha seperti UMKM tidak luput dari dampak pandemi Covid-19, karena sesuai dengan peraturan dari pemerintah pusat maupun daerah para pelaku usaha bahwa UMKM harus mengurangi aktivitas bahkan menutup tempat usaha mereka mencari nafkah untuk keluarga. Walaupun begitu pelaku UMKM masih bisa bertahan karena aktivitas mereka tetap berjalan normal. Beda dengan seorang karyawan yang di PHK, dirumahkan atau dikurangi gaji/waktu kerja. Tidak sedikit yang di PHK atau dirumahkan sementara untuk berwirausaha guna memstabilkan perekonomian dengan berjualan online.

Berangkat dari persoalan-persoalan tersebut serta sebagai wujud antisipasi generasi muda-mudi Indonesia khususnya mahasiswa maka terselenggaralah webinar ini dengan menghadirkan narasumber dari berbagai universitas nasional yaitu: Bpk Wahyu Nugroho, M.Pd (Dosen PGSD UNU Yogyakarta), Bpk Deden Haradan Hutama, S.Kom., M.T. (Dosen SI Universitas Alma Ata), Ibu Ika Ratih Sulistiani, M.Pd (Dosen PGMI Universitas Malang) dan Ibu Dr. Nur Wiarsih, M.Pd (Dosen PGMI IAI Ibrahim Banyuwangi). Narasumber mengajak untuk mulai mencari peluang namun kuliah tetap yang utama dan membuktikan bahwa kita bertanggung jawab atas langkah yang kita ambil seperti kuliah lulus dengan cumlaude dan bisnis yang lancar, dan tidak ada kesuksesan tanpa sebuah proses.