Webinar Seri Keempat Prodi PGMI “Penyusunan Instrumen Evaluasi HOTS pada Pembelajaran Tematik di masa Pandemi dan pascapandemi

Webinar Seri Keempat Prodi PGMI “Penyusunan Instrumen Evaluasi HOTS pada Pembelajaran Tematik di masa Pandemi dan pascapandemi

Webinar Penyusunan Instrumen Evaluasi HOTS via zoom meeting

Di era digital ini Prodi PGMI (Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah) Universitas Alma Ata mengadakan webinar yang terdiri dari 4 seri. Mengahdapi pandemi virus corona ini, tak menyurutkan semangat mahasiswa pengurus Hima PGMI di prodi PGMI bekerja sama dengan beberapa perguruan tinggi lainnya untuk tetap berkarya dan meningkatkan potensi sumber daya manusia dengan mengadakan webinar. Webinar keempat diadakan pada hari Selasa, 29 Juni 2021 dengan mengangkat tema “Penyusunan Instrumen Evaluasi HOTS pada Pembelajaran Tematik di masa Pandemi dan pascapandemi” menampilkan 2 narasumber, yaitu Martalia Ardiyaningrum, S.Si., M.Pd dan Indah Perdana Sari, S,Pd., M.Pd da. Acara ini dipandu oleh mahasiswa PGMI yaitu Syarifah semester 6. Kedua narasumber memaparkan materi mengenai aplikasi evaluasi dan cara implementasinya, dan penilaian pembelajaran daring dan luring.

Webinar yang bekerja sama dengan Universitas Islam Malang, STIT Madina Sragen, dan IAI Al-Ibrohimi dihadiri oleh 230 peserta yang terdiri dari kalangan mahasiswa, dosen, dan guru. Antusias peserta sangat baik, di mana peserta dapat berdiskusi dan memahami bagaimana evaluasi dan penilaian kelas di masa ini dengan menggunakan berbagai aplikasi digital atau web lainnya. Bermacam-macam platform yang ditawarkan oleh penyedia jasa ini dapat dipilih oleh para pendidik dan calon pendidik untuk mengelola kelas. Prodi PGMI berharap bahwa webinar ini dapat meberikan manfaat bagi masyarakat luas pada umumnya dan para pendidik dan calon pendidik pada khususnya.

Pembelajaran di masa pandemi ini menuntut pendidik untuk dapat berkreasi sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Dengan adanya alat evaluasi digital ini dapat meringankan kerja di dunia pendidikan karena hampir semua layanan tersedia seperti LMS (pengelolaan kelas), e-book/e-module, dan evaluasi belajar seperti game atau quis.

Penulis : Mufida Awalia Putri, M. Pd

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*